Ekaandrisusanto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Stadion Kudunga Perjiwa-Tenggarong, Kalimantan timur

with 11 comments

TENGGARONG – Komplek olahraga di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang rencananya akan diserahterimakan dari kontraktor ke Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) pada Desember 2009 mendatang. Serah terima dilakukan karena proses pembangunan komplek olahraga yang dibangun di atas tanah seluas tak kurang 100 hektare itu sudah hampir rampung pengerjaannya.

Hingga saat ini tinggal beberapa bagian gedung yang masih dalam tahap finishing. “Beberapa bagian saja yang tinggal finishing. Untuk Stadion Madya tinggal pemasangan atap, diperkirakan sebelum Desember sudah selesai, sehingga akhir tahun (Desember) ini bisa diserahterimakan,” kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar Didi Ramiyadi kepada Koran Kaltim.

Dikatakannya, jika komplek olahraga diserahterimakan Pemkab membentuk tim yang bertugas untuk mengurusi stadion, sehingga bisa digunakan oleh Pengcab olahraga untuk berlatih. “Apakah nanti membentuk UPTD atau sejenisnya. Pemkab saja yang menentukan,” tambahnya.

Seperti diketahui, pembangunan komplek olahraga di Desa Perjiwa dibangun dengan dana tak kurang dari Rp860 miliar. Komplek olahraga itu terdiri dari 1 buah bangunan Stadion Madya dengan luas bangunan sekitar 4,1 hektare dengan kapasitas daya tampung penonton sebanyak 30 ribu orang. Kemudian adapula Velodrome atau arena balap sepeda yang dibangun di atas lahan seluas 0,3 hektare dengan kapasitas penonton sekitar 9.300 orang.

Selain itu terdapat Equestrian untuk ketangkasan berkuda yang terbagi dua yakni lapangan tertutup dan terbuka. Untuk equestrian tertutup luasnya sekitar 3.630 meter persegi, sedang equestrian terbuka luasnya sekitar 4.050 meter persegi dan luas heksagonal kandang 5.296 meter persegi. Selaian itu terdapat areal panjat tebing yang menjadi pelengkap salah satu proyek sarana olaharaga itu. Luas arena panjat tebing sekitar 3.800 meter persegi, sementara luasan gedung utama 175.75 meter persegi dengan kapasitas 450 penonton.

Untuk fasilitas lapangan panahan dibangun dengan luas 36.540 meter persegi, lapangan tembak, gedung beladiri, serta asrama atlet yang terdiri dari 4 unit bangunan utama yang dapat menampung 544 atlet. Pada PON VII Kaltim lalu, Kukar mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah untuk Cabor karate, tinju, balap sepeda, berkuda, panahan dan aquatik yang meliputi renang dan loncat indah. (eka)

sumber:  Ekaandrisusanto

Leave a Reply

Written by EKA SUSANTO

Mei 20, 2010 pada 12:18 pm

Ditulis dalam Sports

Tagged with

11 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wwwga bagus bangd stadion.a boz udag pernag ngadain pertandngan internasional lum????
    ko tribun.a biasa ga pke kursl

    dira putra sanjaya

    Oktober 8, 2010 at 7:45 am

    • pertandingan internasional masi belum bro.. sementara masi digunakan untuk menggelar pertandingan divisi utama dengan mitra kukar sebagai tuan rumah .

      eka andri susanto

      Oktober 10, 2010 at 7:26 pm

  2. HEBATTTTTT banget ternyata indonesia punya baenyak stadion yang gak kalah keren dengan negara laen…..jayo to kudungga

    dinar

    Februari 8, 2011 at 1:16 pm

  3. ne kandang mitra kukar buat ISL muim depan kh…? keren2….

    albani

    Juli 22, 2011 at 5:02 pm

  4. kq gg pkek kursi bernomor???

    Garda

    September 5, 2011 at 6:03 am

  5. Hello to all, how is the whole thing, I think
    every one is getting more from this web page, and your views are good in support of new visitors.

    Mildred

    Juli 28, 2013 at 12:02 am

  6. woeww

    hala yai suna

    September 8, 2013 at 2:00 am


Tinggalkan komentar