Ekaandrisusanto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Uji coba Mitra kukar vs Bontang FC di stadion Palaran, samarinda, kaltim

leave a comment »

Mengukur Kemampuan Lewat Laga Persahabatan

Para pemain Mitra Kukar bersiaga di daerah pertahanan mereka untuk menghalau bola sepak pojok dari Bontang PKT
Photo: eka

 


Wayan Sukadana tampil sebagai kapten tim Mitra Kukar saat berujicoba melawan Bontang PKT
Photo: eka

28/01/2009 23:13 WITA
Tim Naga Mekes Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) harus mengakui keunggulan tim Indonesia Super League (ISL), Bontang PKT, dalam laga persahabatan yang dimainkan di Stadion Utama Kaltim, Kecamatan Palaran, Samarinda, Selasa (27/01) malam.

Dalam partai uji coba itu, Mitra Kukar kalah tipis 0-1 dari tim Laskar Khatulistiwa. Gol semata wayang bagi kemenangan Bontang PKT diciptakan oleh Satria Ferry pada menit ke-19.

Pada laga Babak Pertama, Mitra Kukar banyak menurunkan para pemain yang selama ini tak pernah jadi starter. Sebagai penjaga gawang misalnya, dipercayakan kepada Aris Noviandi.

Kemudian di barisan belakang, arsitek tim Nus Yadera memasang Wayan Sukadana, Erfan Fabian dan Redy Supriyanto. Sementara di barisan tengah dipercayakan kepada M Rokip, Mursal Usman, Modestus Setiawan dan Made Astawa.

Sedangkan di lini depan, Ikrom Syafii diturunkan bersama dua pemain asing anyar Mitra Kukar yang masih diujicoba yakni Orock Charles dan mantan pemain Mitra Kukar musim 2007 Alfredo Figueroa.

Anak-anak Mitra Kukar sempat menguasai permainan di menit-menit awal Babak Pertama. Namun Bontang PKT akhirnya mulai bangkit untuk menekan pertahanan Mitra Kukar yang digalang Wayan Sukadana dkk.


Partai uji coba Bontang PKT vs Mitra Kukar mendapat perhatian antusias dari warga Kukar, Bontang dan Samarinda
Photo: eka


Iwan Suyanto dan Ridwansyah mengawal ketat pergerakan mantan penyerang Mitra Kukar, Iswanto
Photo: eka

Akhirnya, lewat sebuah serangan yang dibangun pada menit ke-19, Bontang PKT berhasil memecah kebuntuan lewat tendangan gledek Satria Ferry dari luar kotak penalti yang gagal ditepis kiper Aris Noviandi.

Skuad Mitra Kukar pun mencoba bangkit untuk menyamakan kedudukan. Serangan demi serangan kembali dilancarkan Orock Charles-Alfredo Figueroa dkk.

Pada menit ke-24, Alfredo Figueroa melepaskan tendangan ke arah gawang Bontang PKT. Sayangnya bola mengarah tepat kepada kiper David Hariyanto yang dengan mudah menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Peluang emas juga diciptakan Mitra Kukar pada menit ke-37 lewat tendangan keras Orock Charles dari luar kotak penalti. Namun bola berhasil ditepis kiper Bontang PKT sehingga hanya menghasilkan sepak pojok bagi Mitra.

Tendangan sudut pun dilakukan. Mursal Usman yang menerima bola langsung melepas tendangan salto di daerah pertahanan Bontang PKT. Namun kiper David Hariyanto yang berada dalam posisi sulit masih sempat menyundul bola hingga kembali keluar lapangan.

Kiper Bontang PKT kembali harus bekerja keras di menit akhir Babak Pertama. Sebuah tendangan keras dari Ikrom Syafii sempat terlepas dari David Hariyanto dan mengarah kepada Alfredo Figueroa.

Belum sempat bola muntahan itu disambar Alfredo, kiper Bontang PKT ini dengan sigap langsung mengamankan bola. Kedudukan 1-0 pun tak berubah hingga babak turun minum.

Pada Babak Kedua, pelatih Nus Yadera langsung melakukan perubahan pemain. Hanya Orock Charles, Alfredo Figueroa, Wayan Sukadana dan Aris Noviandi yang tetap tampil penuh.


Penyerang asal Kamerun, Orock Charles (kanan), diturunkan sejak Babak Pertama dalam laga uji coba melawan Bontang PKT
Photo: eka


Mantan pemain Mitra Kukar musim 2007 Alfredo Figueroa (kiri) ikut tampil dalam uji coba lawan Bontang PKT
Photo: eka

Fachmi Amiruddin masuk untuk menggantikan Mursal Usman. Kemudian Abunaw Cletus Lapula menggantikan Redy Supriyanto, Mujib Ridwan menggantikan Erfan Fabian, Sutikno menggantikan Astawa, Ridwansyah untuk M Rokib dan Fery Aman Saragih sebagai pengganti Modestus Setiawan.

Hal yang sama juga dilakukan skuad Bontang PKT. Pelatih Fachri Husaini melakukan perombakan pemain Babak Kedua dengan menurunkan sejumlah pilar utama seperti Imral Usman, pemain anyar asal PSM Makassar Iqbal Samad dan mantan pemain tim PON Papua, Titus Bonai.

Sejumlah mantan pemain Mitra Kukar musim 2007 juga diturunkan Fachri Husaini di Babak Kedua ini seperti Iswanto, Trias Budi dan kiper M Sandy Firmansyah.

Duel antara dua tim bersaudara ini jadi semakin menarik di Babak Kedua. Skuad Bontang PKT lebih banyak mengambil inisiatif serangan untuk menggempur pertahanan Mitra Kukar.

Berkali-kali James Debbah dkk melepaskan tendangan berbahaya ke arah gawang Mitra Kukar. Namun peluang-peluang tersebut kerap dipatahkan barisan pertahanan Mitra.

Tak kurang dari 4 kali penyelamatan gemilang dilakukan kiper Mitra Kukar Aris Noviandi dengan menepis bola hasil tendangan keras para penyerang Bontang PKT.

Mitra Kukar sendiri baru memiliki peluang emas di menit-menit akhir Babak Kedua ketika Sutikno dengan kecepatannya berhasil menerobos sektor kiri pertahanan Bontang PKT.

Tendangan keras Sutikno berhasil diblok kiper M Sandy Firmansyah. Bola rebound dari kiper Bontang PKT itu kemudian dimanfaatkan Sutikno dengan melepas tendangan keras. Sayangnya, bola malah membentur tiang gawang hingga ke luar lapangan.

Hingga wasit Subiantoro dari Samarinda meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedudukan tetap tidak berubah 1-0 bagi kemenangan Bontang PKT. (ek)


Pecinta sepakbola Kaltim khususnya pendukung kedua tim turut hadir menyaksikan laga persahabatan antara Bontang PKT vs Mitra Kukar di Stadion Utama Kaltim, Palaran, Samarinda

Written by EKA ALONE

November 30, 2010 pada 3:38 am

Ditulis dalam Sports

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: