Ekaandrisusanto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Kurs Rupiah diperkirakan terus melemah

leave a comment »

Rupiah Melemah
Senin, 17 Mei 2010 | 10:57 WIB

TERKAIT:

ekaandrisusanto.wordpress.com – Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin (17/5/2010) pagi turun 35 poin menjadi Rp 9.125-Rp 9.135 per dollar AS dibanding akhir pekan lalu Rp 9.090-Rp 9.100 per dollar AS, karena pelaku kembali melepas rupiah.

Aksi lepas rupiah dilakukan oleh pelaku pasar, karena mereka melihat Bursa Efek Indonesia juga melemah, akibat menguat dollar AS di pasar regional, kata analis valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova di Jakarta, Senin.

Rully Nova mengatakan, rupiah diperkirakan tidak akan bergerak jauh dari kisaran R p 9.100 sampai Rp 9.150 per dollar AS sepanjang pekan ini. “Mata uang Indonesia itu juga masih berpeluang untuk menguat lagi, karena pelaku asing masih tetap bermain di pasar saham maupun pasar uang,” katanya.

Menurut dia, rupiah terpuruk saat ini karena sentimen negatif dari pasar eksternal, akibat menguatnya  dollar AS terhadap semua mata uang utama Asia, terutama terhadap euro. “Faktor negatif yang muncul itu terutama disebabkan lambatnya  lembaga keuangan Uni Eropa memberikan bantuan dana kepada Yunani yang sedang mengalami krisis keuangan,” katanya.

Meski demikian, lanjut dia posisi rupiah di level itu dinilai cukup aman, karena sesuai dengan arus perdagangan Indonesia bahkan pendapatan negara dari ekspor juga cukup baik. “Kami memperkirakan posisi rupiah yang berada di level itu, karena Bank Indonesia (BI) masih berada di pasar dengan melakukan intervensi untuk menjaga rupiah tetap di atas level Rp 9.100 per dollar AS,” ucapnya.

Menurutnya, BI berkeinginan rupiah tetap di atas angka Rp 9.100 per dollar AS karena baik eksportir maupun importir akan dapat melakukan usaha dengan baik.

Rupiah, menurut dia masih akan terkoreksi pada sore nanti, karena tekanan pasar cenderung akan menguat. “Apalagi di pasar internal belum ada faktor yang mendorong rupiah bergerak positif,” ujarnya.

Pesan:

Menurut saya nilai rupiah diperkirakan tak akan mampu menembus level di bawah 8000.  Padahal negara kita punya pasar yang besar dan sumberdaya manusia dan alam yg besar. mungkinkah terjadi kesalahan terhadap sistem dan visi bangsa sebagai bangsa yg besarini??.

Sudah sepatutnya kita mencontoh negeri tirai bambu cina. Perkembangan Ekonomi mereka terbilang sukses & melesat tajam seriring dengan penguatan ekonomi industri lokal. Seharusnya kita mencontoh mereka dengan lebih menseleksi industri dan investasi asing yang masuk, apalagy kalo mereka punya tujuan untuk mengeruk laba sebanyak2nya tanpa memberi dampak positif terhadap bangsa kita, menguasai pasar dan tidak bertujuan membangun ekonomi negeri kita. Seharusnya kita waspada akan hal itu. Jangan terlalu mengumbar kebudayaan globalisasi yang ujung2nya akan merugikan bangsa kita sendiri karena kurang siapnya bangsa kita untuk bersaing dengan laju perkembangan negara lain.

Sebaiknya kita berkonsentrasi untuk memajukan industri2 lokal baik hulu maupun hilir. Alangkah bagusnya kalo kita mampu meng-handle semuwa lapisan elemen industri sehingga perekonomian negara kita menjadi kuat dan bangsa indonesia bisa menjadi negara yang maju seperti yg telah kita mimpikan & harapkan. Saya yakin kita mampu dan bisa jika kita bersungguh2 melakukannya demi terciptanya indonesia sebagai negara maju dan disegani di kawasan Asia

Written by EKA ALONE

September 17, 2010 pada 6:39 am

Ditulis dalam Fashion & news

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: