Ekaandrisusanto's Blog

Just another WordPress.com weblog

peresmian stadion bung tomo – surabaya sport complex (SSC)

with 3 comments

Meskipun sudah diresmikan, Surabaya Sport Center (SSC) dalam waktu dekat belum bisa dioperasikan. Sebab, regulasi yang mengatur pengelolaan aset daerah tersebut belum ada. Seperti apa dan berapa besar tarif sewa-menyewa SSC nanti?

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya kini tengah mengajukan sebuah rancangan peraturan daerah (raperda) terkait dengan pengelolaan SSC. Selain raperda, peraturan wali kota (perwali) untuk pengaturan UPTD yang mengelola SSC telah selesai dibuat.

Kepala Dispora Sigit Sugiharsono mengatakan, sampai Desember nanti SSC masih belum bisa dioperasikan secara resmi. Sebab, megaproyek senilai Rp 440,2 miliar itu masih belum diserahkan kepada Pemkot Surabaya oleh kontraktornya, PT Adhirekon Joint Operation (AJO).

“Namun, saat ini sudah disiapkan raperda dan perwalinya untuk mengatur pengelolaannya. Jadi, saat SSC sudah diserahkan, kami sudah siap dengan regulasinya,” ujar Sigit. Menurut dia, raperda tersebut bakal mengatur soal retribusi dan penggunaan SSC.

Dalam raperda itu diatur besaran harga sewa Gelora Bung Tomo/GBT (stadion outdoor) maupun stadion indoor. Pengaturan soal reklame yang nanti akan ditempatkan di pinggir lapangan sepak bola juga tertuang dalam raperda tersebut. “Raperdanya sudah kami susun,” ucap mantan camat Asemrowo itu.

Dalam menentukan biaya penggunaan GBT, dispora berpatokan pada tarif beberapa stadion berstandar internasional lainnya yang ada di Indonesia. Patokannya, tarif penggunaan GBT tidak semahal Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta, dan harus di atas harga sewa Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung.

Dua stadion itu dijadikan patokan tarif karena secara fasilitas hampir sama dengan GBT. Keduanya berstandar internasional. SUGBK dijadikan patokan tarif atas karena secara kapasitas penoton, stadion di ibu kota RI tersebut lebih besar daripada GBT, yakni 88 ribu orang. Sementara itu, Jalak Harupat dijadikan patokan tarif bawah karena hanya mampu menampung 40 ribu penonton.

Berdasar informasi yang diperoleh dispora, tarif sewa SUGBK sendiri mencapai Rp 165 juta untuk sekali pertandingan. Tarif tersebut berlaku untuk sewa pagi hingga sore tanpa penggunaan lampu stadion. Jika sewa malam, tarifnya ditambah sekitar Rp 35 juta. Sementara itu, tarif Jalak Harupat mencapai Rp 45-65 juta.

“Nah, tarif yang kami ajukan di bawah GBK dan di atas Jalak Harupat. Mengenai nanti yang dipakai berapa, tentunya tergantung persetujuan dewan,” terang Sigit. Dalam raperda sendiri disebutkan, tarif penggunaan SSC mencapai Rp 5-75 juta. Besar tarif ditentukan sesuai dengan peruntukannya.

Menurut Sigit, siapa pun nanti boleh menggunakan lapangan tersebut, asalkan bersedia membayar biaya sewa yang sudah ditetapkan dalam perda. Namun, kegiatan yang dibolehkan untuk dilaksanakan di GBT hanya olahraga, baik sepak bola maupun atletik. “Untuk konser tidak boleh. Sebab, rumput lapangan tersebut sintetis sehingga rentan rusak dan terbakar,” tandas Sigit.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Pemkot Suharto Wardoyo mengatakan, raperda untuk retribusi pemanfaatan GBT sudah dikirim ke dewan (DPRD Surabaya). “Sekitar dua bulan yang lalu raperdanya sudah kami kirim ke dewan,” terang pejabat yang biasa disapa Anang tersebut. Sedangkan perwali pembentukan UPTD-nya sudah diteken Wali Kota Surabaya Bambang D.H. (gun/lum/war/c9/mik)

Pemakaian GBT dan Stadion Indoor

Pertandingan Sepak bola di GBT

– Tingkat Internasional:Rp 75 juta/pertandingan

– Tingkat Nasional :Rp 35 juta/pertandingan

– Eksebisi / persahabatan :Rp 25 juta/pertandingan

– Latihan :Rp 500 ribu/jam

– Lampu penerangan :Rp 2 juta/jam

– Pemakaian selain sepak bola : Rp 5 juta/jam

– Kegiatan komersial : Rp 7,5 juta/jam

Stadion Indoor

Kegiatan Olahraga :Rp 1 juta/jam

Komersial :Rp 2 juta/jam

Pemakaian lainnya :Rp 1,5 juta

Lampu penerangan :Rp 1 juta/jam

Sumber : Raperda Kekayaan Daerah

Written by EKA ALONE

Agustus 25, 2010 pada 3:05 am

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. tempat duduknya semuanya sudah siap apa belum

    wawan

    Mei 30, 2011 at 10:42 am

    • kalo tribun VIP sama VVIP suda sengle seater. yg tribun/stage lainnya masih belum.

      garuda troops

      Mei 31, 2011 at 9:20 am

      • sudah semuanya

        biyyu

        November 28, 2011 at 7:33 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: