Ekaandrisusanto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Batakan stadium project – proyek stadion batakan (update per oktober 2011)

with 3 comments

http://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0942.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0958.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0954.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0953.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0951.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0947.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0946.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0945.jpghttp://www.balistik06.com/wp-content/uploads/2011/07/DSCN0944.jpg
BALIKPAPAN   –   Wakil Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Ir. Prijono Demo berharap stadion Persiba yang akan dibangun di Batakan Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur segera terlaksana pada tahun ini. Pasalnya, stadion Persiba ini bisa menjadi ikon kota Balikpapan yang menjadi kebanggaan masyarakat.
“Ikon kota besar yang selalu diingat masyarakat ada tiga pertama stadion, kedua rumah sakit umum daerah dan ketiga adalah perguruan tinggi. Jadi kami berharap stadion persiba ini bisa menjadi ikon kota Balikpapan,” ujar Priyono di ruang kerjanya, pada Jumat (29/10)
Dijelaskannya, dengan adanya stadion Persiba di Batakan ini dengan standar Internasional maka even-even nasional dan internasional bakal digelar di Balikpapan sehingga akan berdampak positif bagi pariwisata perhotelan serta ekonomi masyarakat sekitar stadion.
“Kalau banyak even maka peserta akan mencari hotel serta masyarakat sekitar stadion bisa berjualan,” tutur politisi dari Partai Demokrat ini.
Hal yang sama diungkapkan anggota Komisi III DPRD Balikpapan Fatly Parakasi SH MKn. Dia mengatakan, dewan berharap pembangunan fisik stadion Persiba segera dilaksanakan. Pasalnya, sampai saat ini tanda-tanda adanya pembangunan fisik stadion yang terletak di di RT 25 Kelurahan Manggar Balikpapan Timur ini belum terlihat padahal keberadaan stadion Persiba yang memiliki standar internasional ini sudah cukup lama dinantikan para penggemar sepak bola di Balikpapan. “Saya kira kebutuhan akan stadion baru ini sudah sangat dinantikan karena Balikpapan belum ada stadion bertaraf Internasional yang bisa digunakan untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL),” kata Fatly.
Menurut Fatly, jika fisik stadion sudah mulai dibangun setidaknya akan menjadi kado manis Wali Kota H Imdaad Hamid SE dan wakil wali kota H Rizal Effendi SE bagi pencinta sepak bola di Balikpapan yang mencapai puluhan ribu orang. “Setidaknya sebelum Pak Imdaad dan Pak Rizal selesai menjabat tiang pancangnya sudah terpasang,” terang Fatly.
Selain itu, kata Fatly Kota Balikpapan jangan sampai kalah dengan daerah lainya di Kaltim yang telah memiliki stadion mega bertaraf internasional seperti Bontang dan Samarinda serta Penajam Paser Utara (PPU).
“Saya lihat juga bus Persiba sudah tidak layak. Masa, juara tiga ISL busnya kalah dengan bus tim yang sudah degradasi,”

BALIKPAPANERS – Harapan masyarakat untuk terealisasinya pembangunan Batakan Stadium sebenarnya bukan saja dari para pencinta olahraga Balikpapan, terutama Persibamania. Akan tetapi harapan untuk segera memiliki Stadion baru juga diutarakan oleh beberapa penduduk sekitar stadion. Sebut saja Heri, salah satu pemilik rumah semi permanen disekitar lokasi stadion mengatakan ingin masalah pembangunan cepat rampung, tentunya dengan kesepakatan bersama.

“Beberapa lahan disini memang sebagian sudah menjadi lahan milik Pemkot, terutama lahan-lahan yang hitungannya hektar, sedangkan yang kavling masih banyak yang belum dibebaskan” Jelas Heri salah satu pemilik lahan kavling yang juga belum di bebaskan.

Heri mengatakan kepada admin Balikpapaners.com, bahwa sebenarnya permasalahan pembebasan lahan ini sudah ada sejak tahun 2004 lalu, setahun berikutnya warga sudah menemukan kata sepakat mengenai harga yang telah ditentukan kedua belah pihak. Akan tetapi seiring terus molornya realisasi pembayaran, dan harga tanah semakin tahun semakin mahal maka warga meminta harga tanah mengikuti perkembangan yang ada.

“Pemkot menetapkan harga sesuai PBB (Pajak Bumi & Bangunan) yaitu 65 ribu/meter, sedangkan harga tanah disini paling murahnya 200rb/meter, jika kami sepakat diharga 65ribu/meter, bagaimana kami membeli tanah baru? Sedangkan harga tanah disini ditaksir sebesar 200-300ribu/meter. Keluh Wartono dan Muslimin.

Warga beralasan penetapan harga ini dikarenakan harga sudah sesuai dengan nilai objek tanah di daerah batakan. Adapun solusi dari warga menggunakan sistem tukar guling, dan lahan tukar guling tidak jauh dari area stadion.

“Kami setuju diganti lahan ini dengan lahan baru mas, tapi kami minta lahan baru tidak terlalu jauh dari sini” ungkap Heri.

Ya, menurut warga pemilik lahan, sebenarnya solusi bisa diselesaikan dengan sistem tukar guling, akan tetapi yang menjadi kendala sampai sekarang, warga belum mengetahui mengenai letak lahan yang akan dijadikan penggantinya dikarenakan belum adanya kejelasan dari pihak pemkot. Tentunya harapan warga, lahan pengganti juga memiliki nilai ekonomis yang sesuai dengan yang ada.

Sesuai pengamatan admin, memang lokasi yang akan dijadikan areal Batakan Stadium memiliki tanah yang cukup subur, hal itu bisa dilihat dengan banyaknya kebun-kebun yang dikelola masyarakat setempat. Sebut saja Lombok, Kubis, Sayur Sawi, dan lain-lain.

“Saya dijanjikan akan diganti kerugian lahan kebun sebesar 1,5 juta mas, tapi saya keberatan karena selain harga pupuk dan lain sebagainya, tentunya saya masih banyak mengeluarkan biaya-biaya pemeliharaan kebun” ungkap salah seorang ibu yang mengelola kebun diatas tanah milik salah satu warga.

Ibu tersebut memang tidak memiliki sebidang tanah, akan tetapi sebagian pemilik tanah secara sukarela meminjamkan tanahnya untuk dipakai masyarakat untuk mengolah perkebunan.

Di areal tersebut memang sebagian sudah dilakukan pengurukan tanah, menurut warga tanah yang diratakan tersebut merupakan tanah yang sudah menjadi milik pemkot. tampak dari pantauan admin ada beberapa unit eksavator dan beberapa truck yang parkir diatas areal tersebut.

Saat dimintai keterangannya, salah satu pekerja bernama Gustiawan dari pihak Waskita (kontraktor) yang berada di areal lahan stadion mengatakan jika sebagian besar memang lahan masih belum dibebaskan. Gustiawan mengatakan saat ini pihak kontraktor masih terus menunggu pembebasan lahan.

“Untuk sementara kami masih membangun semi kantor dan gudang, kalau pembangunan stadion harus tetap menunggu pembebasan lahan yang belum diselesaikan mas”. jelas Gustiawan kepada Admin.

“Masalah pembebasan lahan itu bukan kapasitas kami untuk menjawab, Waskita hanya sebagai pelaksana pembangunan saja.” Tambah Gustiawan.

Permasalahan pelik ini sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara sosialisasi dan pendekatan terhadap warga setempat, menurut pengakuan warga sekitar sebenarnya mereka sangat mendukung dengan pembangunan tersebut. Terlebih dengan adanya stadion dilokasi tersebut, secara tidak langsung mampu meningkatkan kesejahteraan dan mata pencaharian.

“Saya sebagai warga Balikpapan sangat bangga punya stadion yang begitu megah dan warga disekitar stadion sangat mendukung sekali, namun demikian hingga saat ini permasalahan ini belum kunjung selesai” terang Heri

Kami warga disini (batakan red) sangat terbuka bagi pihak manapun yang ingin bernegosiasi kepada kami. Tambahnya (ad-3)

About these ads

Written by gresik troops army

Oktober 14, 2011 at 6:55 am

Ditulis dalam Fashion & news

Tagged with

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. semoga tak terhenti pembangunan ini… dan jika jadi nanti, bisa sering dipake dan akan melahirkan pemain2 bertalenta

    danol

    Desember 16, 2011 at 7:51 am

    • betul gann.. kualitas stadion yang bagus akan mambantu kualitas permainan sepakbola di lapangan.. jadi coba kita upgrade kualitas stadion kita agar permainan sepakbola kita kualitasnya semakin bagus..

      gresik troops army

      Desember 19, 2011 at 1:10 am

  2. Aw, this was an incredibly good post. Taking a few minutes and actual effort to create a very good article… but what
    can I say… I put things off a whole lot and don’t seem to get nearly anything done.

    Jodi

    Januari 22, 2013 at 3:21 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: