Ekaandrisusanto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Stadion Bung tomo-Surabaya (update terbaru)

with 50 comments

Stadion Gelora Bung Tomo-Surabaya

GOR SSC INDOOR-Surabaya

Kandang buaya teranyar, Stadion Utama Gelora Bung Tomo (SUGBT), akan segera bisa dinikmati Persebaya Surabaya. Sebab stadion yang dihargai Rp 293 miliar itu sudah masuk 82 persen proses penyelesaian. Kemungkinan, stadion yang berkapasitas 50 ribu penonton itu bisa dipakai musim depan.Enginering Manajer PT Adhi Rekon, Dardi Gunawan, Senin (8/3/2010) mengatakan, stadion tujuh lantai itu didesain khusus untuk Surabaya saja. ”Karena menurut pesanan, stadion ini tidak boleh meniru tempat lain. Jadi kita buatkan khusus untuk Surabaya,” jelas Dardi.
Enginering Manajer PT Adhi Rekon, Dardi Gunawan, Senin (8/3/2010) mengatakan, stadion tujuh lantai itu didesain khusus untuk Surabaya saja. ”Karena menurut pesanan, stadion ini tidak boleh meniru tempat lain. Jadi kita buatkan khusus untuk Surabaya,” jelas Dardi.Selain terdiri dari tujuh lantai dan didesain khusus untuk Surabaya, stadion ini juga memiliki 21 pintu sehingga memudahkan akses untuk masuk ke stadion. Sayang, meski berlabel stadion internasional, namun untuk sektor yang terdapat tempat duduk fiber hanya VIP saja. Itu pun jumlahnya terbatas, yakni 4.600 tempat duduk. Sisanya hanya tempat duduk biasa yang terbuat dari beton. Selain terdiri dari tujuh lantai dan didesain khusus untuk Surabaya, stadion ini juga memiliki 21 pintu sehingga memudahkan akses untuk masuk ke stadion. Sayang, meski berlabel stadion internasional, namun untuk sektor yang terdapat tempat duduk fiber hanya VIP saja. Itu pun jumlahnya terbatas, yakni 4.600 tempat duduk. Sisanya hanya tempat duduk biasa yang terbuat dari beton.Keistimewaan stadion ini juga bakal terlihat dari sistem drainase-nya. Dardi mengatakan, sistem yang diterapkan pada SUGBT ini sudah sesuai dengan standard internasional. ”Juga sudah teruji. Selama ini, hujan deras pun tidak masalah karena selama lima menit sudah kering. Jadi tak masalah dengan drainase,” lanjutnya. Untuk penerangan stadion, kita tidak akan lagi menjumpai tower-tower lampu yang biasa kita lihat di Stadion Gelora 10 Nopember. Sebab 42 lampu yang total berkekuatan 1200 lux akan terpasang di atap stadion. ”Untuk penerangan kita juga sesuaikan dengan permintaan Persebaya yang ingin penerangannya sesuai stadion internasional,” tambahnya. Tak hanya itu, untuk rumput saja, SUGBT mengimpor dari Swadia. Meski begitu bukan berarti stadion mewah ini tidak ada celah. Sebab, mereka punya masalah dalam hal air bersih dan listrik. Meski di dalam stadion sudah disediakan genset berdaya tinggi tapi tetap tidak cukup. ”Karena genset hanya dipakai saat even. Untuk kesehariannya kita usulkan dari PLN, tapi PLN belum ada respon,” akunya. Sedangkan untuk air, pihaknya sudah mengusulkan disuplai dari PDAM. Tapi sama seperti PLN, hingga kini belum juga ada tenggapan dari PDAM.

About these ads

Written by gresik troops army

Mei 20, 2010 at 12:08 pm

Ditulis dalam Sports

Tagged with

50 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Stadionx bgus.., tpi disainya kyak stadion palaran samarinda., dan tribunx kok msih beton., stadion palaran dan stadion perjiwa kukar sdah memakai full kursi…., agar suporter tertip dlm menonton….

    Ari panggih nugroho

    Juni 18, 2010 at 2:09 am

    • stadion bung tomo mmg di desain sedemikian rupa untuk menyesuaikan keadaan dan karakter penonton d surabaya. bahkan dr rencana sebelumnya p.bambang(walikota sby sbelumnya) berencana menangkarkan buaya sbg simbol kota surabaya di bawah tribun penonton tepatnya batas tribun sebelum lintasan lari & sentelban. hal ini untuk menghindari penonton yg meluber dan turun kelapangan. tapi sayangnya rencana itu smpe skrg masi belum ada kejelasan apakah nantinya di tindak lanjuti ap tdk.

      eka andri susanto

      Juni 21, 2010 at 3:09 am

  2. untk mslh air knapa tdk membuat sumur bor aja,agar lebih hemat biaya,,,,,,,,

    yang lainnya ditingkatkan lagi ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    MAJU TERUS SEPAK BOLA INDONESIA.
    BRAFO

    LUTFI ZAKARIA

    Juli 1, 2010 at 3:55 am

    • kalo untuk instalasi air masi akan di bangun jalur PAM oleh konstruktor dr PDAM. karena dananya sndiri masi blum cair terpaksa pengerjaan instalasi air nya agak molor dr ekspektasi /perkiraan semula.

      eka andri susanto

      Juli 1, 2010 at 5:18 am

  3. maju trus bonek………….

    pardy bali

    Juli 21, 2010 at 3:45 pm

  4. saya mau usul , tolong dong kalau tempat duduknya di pasang bangku plastik , jangan beton

    iman

    Juli 28, 2010 at 7:22 am

    • wah kayakna ga bakalan direalisasi bro. itu uda salah satu item draft persetujuan kontrak antara pihak pemkot surabaya denan pihak kontraktor bahwa single seater (tempat duduk plastik) hanya terdapat di tribun VIP dan VVIP.

      eka andri susanto

      Juli 29, 2010 at 1:45 am

  5. harus seperti itu,,, fasilitas yang bagus buat pemain-pemain lokal

    dik

    Juli 31, 2010 at 2:57 pm

  6. alamat lengkape donk cak,,,???

    heho

    Agustus 3, 2010 at 11:48 am

  7. tlong donk tempat duduk yg terbuat dri beton d beri bangku plastik, kan ktanya bertaraf internasioanal…
    dan juga di lihat itu indah kalau tribunnya semua diberi bangku , jngn selain VIP, dan VVIP nya , gk diberi bngku …

    joe

    Agustus 3, 2010 at 7:23 pm

    • iya. itu uda sesuai anggaran dan sesuai dr draft kontrak. besog (tanggal 6 uda mulai diresmikan).

      eka andri susanto

      Agustus 5, 2010 at 3:25 am

  8. sayang stadion megah tapi pembangunannya setengah2..seharusnya stadion ini dikasih kursi keliling demi kenyamanan penonton,,jgn hanya di sektor VIP aja..Stadion Palaran Samarinda saja memakai kursi di seluruh tribun penonton. .tp terlepas dr sedikit kelemahan itu,,salut untuk pembangunan stadion ini..pesan buat Bonek Mania,,dukung Persebaya dengan lebih santun,,kalian sudah punya stadion megah,,jangan di bakar lg stadion ini…salam dari Pusamania Samarinda..

    Pusamania Samarinda

    Agustus 4, 2010 at 10:55 am

    • yup.. mmg stadion bung tomo tdk semegah stadion palaran. namun dilihat dari fasilitas dan kapasitasnya stadion bungtomo sudah layak disebut sebagai stadion yg berstandar internasional walopun masi terdapat sedikit kekurangan dan sedikit kurang kesempurnaan.

      eka andri susanto

      Agustus 5, 2010 at 3:27 am

      • siipz sich..
        udah kren tpi kkurnganya……
        1.jln mnuju gbt krng lbar tuch……
        2.kok cman vip & wib ja yg di beri krsi….
        ktanya brtarf internasional…….biar lbih indah smua di beri krsi ja biar kayak stadion di inggris..rapi lagi
        3.knp kok gk pke wrna hijau ja krsi n tfibun.ny biar ssuai gtu dgn wrna khas persebaya & bonex……..
        4.knp kok hrs di tnggh tmbk sich bangn.ny
        5.rmput & lpngan.ny sich udah bgus tpi……..tribun & fsilitas untuk pmain krang……….indah.
        6.trus yg buat stadion gbt lain dri stadion yg lain pa & keistimewaan.ny pa ja….

        aDi bGuS

        Agustus 7, 2010 at 5:09 pm

      • untuk jalan rencananya akan dibuatkan akses dari tol roomo menuju ke GBT tp proses pembebasan lahannya masih belum lancar dan belum terealisasi.

        eka andri susanto

        Agustus 9, 2010 at 2:38 am

  9. besar kecilnya stadion itu tidak terlalu penting , yang paling penting kualitas rumput dan serap airnya no 1. termasuk tempat untuk latihannya harus pakai no 1.berkacalah pada singapura, stadion mereka biasa2 saja tapi kualitas rumputnya no wahid

    ajie

    Agustus 5, 2010 at 11:18 am

  10. stadion dah megah, trus yg jd ”PR” kualitas suporternya… eh persebaya bisa d beli perseorangan ga??? ky d klub” luar gt…

    nelvia

    Agustus 9, 2010 at 11:23 am

  11. bguz2 cip lah…

    ichang

    Agustus 11, 2010 at 2:32 pm

  12. skrang yg penting prestasinya.

    Ale

    September 18, 2010 at 8:19 am

  13. sudah saatnya indonesia memiliki stadion sepak bola betaraf international di tiap profinsi,tapi yang menilai international jangan orang indonesia harusnya dari FIFA pusat.

    rudi susanto

    Oktober 8, 2010 at 2:22 am

    • betull bro… sudah saatnya kita membangun fasilitas dan infrastruktur guna mendukung upaya peningkatan kualitas SDM indonesia yg handal supaya mampu berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. :)

      eka andri susanto

      Oktober 8, 2010 at 2:34 am

  14. Malu aku.. Sbg warga surabaya, pny stadion baru, tp ga ada kursinya, hu uh. Lbh baik mbalik ke tambaksari aja

    arex

    November 6, 2010 at 9:12 am

  15. stadionnya sih lumayan juga, tp sayang gan desainnya g modern, sama kaya stadion lama, jadi g ada kesan bahwa SUGBT stadion yang baru,mending stadion yang sudah ada sperti std tambaksari dikembangkan lagi saja bangunannya supaya lebih modern dan ditambah lagi kapasitas tribun penontonnya.

    sarana prasarana

    November 29, 2010 at 3:53 am

    • betul bro… kebanyakan stadion di indonesia memakai model klasik ato model lama.. stadion di indonesia yg suda pake model yg baru cuma sedikit. sperti. stadion kudunga & stadion maguwoharjo

      eka andri susanto

      November 30, 2010 at 3:25 am

    • q sebagai bonek lampung,,,terus mendukung ke majuan persebaya…..
      karna persebaya idola para bonek mania….
      maju terus persebaya…
      maju terus bonek mania….
      bantai terus aremania djancukkkk…….

      rizo bonek

      Desember 21, 2010 at 12:07 pm

  16. hahaha…
    persebaya LPI maen di sini aja…

    aden wila

    Desember 25, 2010 at 7:34 am

    • kayaknya gag maen disini gan.. itulah wajah pesepakbolaan di tanah air kita. kurg mengoptimalkan fasilitas2 yg berstandar internasional aot FIFA. sbg contoh persisam yg yg menggunakan stadion segiri padahal mereka mempunyai stadion yg lebih berkelas seperti stadion palaran di samarinda.

      garuda troops

      Desember 28, 2010 at 3:13 am

  17. update dengan yg baru dong gan, mantap stadione

    massol507

    Januari 18, 2011 at 11:23 pm

  18. keren abiz……. stadionya…. nah gitu donk,,jadi indonesia kan punya stadion kebanggaan lagi selain GBK… Suksues to stadion BUNG TOMO

    dinar

    Februari 8, 2011 at 1:11 pm

  19. kenapa stadion gbt ga make full kursi untuk tribunnya?
    padahal kan bagus kalo di kasih kursi satu2 biar penonton tertib, kalo cuma beton doang mah sama aja kaya stadion yg lama…
    harus diperhatikan juga masalah rumput, lebih baik make rumput sintetis aja biar keliatan bagus dan pemain juga nyaman mainnya

    boyss

    Maret 16, 2011 at 4:59 am

    • biasa bro, masalah alokasi dana yg terbatas..

      garuda troops

      Maret 21, 2011 at 11:15 am

      • mslh kebiasaan pnddk indonesia jg yg biasa jingkrak-jingkrakan…..kl pk kursi skl pk hncur, mnding pk beton ja….

        iqbal

        Mei 5, 2011 at 6:30 am

  20. :P

    niswa12

    November 24, 2011 at 3:52 am

  21. sayang beribu sayang stadion semegah dan semodern ini kok kursinya pake beton>>>kalo masalah desain dan anggaran itukan bisa ditambahkan,apalagi ini sekelas stadion untuk Kota Metropolitan surabaya,malu dong ama Palaran Samarinda,Nasional Riau dan Stadion Gede Bage Bandung

    acha

    Desember 25, 2011 at 1:48 pm

    • Tapi kalau.,. d,kasih kursi,.., biayanya akan lebigh mhal dan bisa” uang anggaran bisa” habis.,. d,buat kursi doank.,.

      • betull gan.. budget untuk penambahan kiursi/single seat memang membutuhkan biaya yg tidak sedikit.

        gresik troops army

        Maret 13, 2012 at 2:50 am

  22. :-D

  23. Kalu bisa tahun depan / kapan kapan tempat kursi dari fiber di perbanyak supaya tercipta kenyamanan yang baik dan segera di cat tribun dari beton agar tak berlumut , dan akses jalan segera di buat .
    SUKSE BUAT PEMKOT SURABAYA DAN SSC nya

    Zain Bahaul Anwar

    Maret 25, 2012 at 1:28 am

  24. hmmm ,, ukuran lebar + panjang stadion gelora bung tomo berapa yah ??

    Prayoga A Haris

    Agustus 29, 2012 at 3:39 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: